ABSTRAK PTK
Aris Sudarmono. 2010. Upaya Peningkatan Hasil
Belajar Fisika Materi Pokok Teori Relativitas melalui Pembelajaran Kooperatif
Metode Make A Match pada Siswa Kelas XII.IA.3 SMA Negeri 1 Karas
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, metode Make A Match, Hasil belajar,
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berminatnya siswa kelas
XII SMA Negeri 1 Karas, Magetan pada mata pelajaran fisika. Hal ini berimbas
pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Nilai ulangan yang diperoleh
siswa pada mata pelajaran fisika selalu lebih rendah jika dibandingkan dengan
mata pelajaran lainnya. Untuk itu diperlukan penggunaan metode-metode
pembelajaran yang lebih inovatif
sehingga kegiatan belajar lebih efektif dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan upaya
peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi pokok teori
relativitas melalui pembelajaran kooperatif dengan metode make a match, (2) Mendiskripsikan upaya peningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran fisika materi pokok teori relativitas melalui
pembelajaran kooperatif dengan metode make
a match.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Rancangan penelitian tindakan kelas ini mencoba mencari solusi permasalahan
pembelajaran fisika dengan tindakan berupa implementasi pembelajaran kooperatif
metode make a match (mencari pasangan) pada materi pokok teori
relativitas yang diajarkan pada kelas XII semester genap Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
mencakup lima tahap kegiatan, yaitu : Permasalahan, Perencanaan Tindakan,
Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah kelas
XII.IA.3 SMA Negeri 1 Karas Tahun Pelajaran 2009/2010, yang berjumlah 38 orang.
Jenis data yang direkam berupa data minat belajar siswa terhadap mata pelajaran
fisika yang diajarkan dengan metode make
a match serta hasil belajar yang berdasarkan nilai pre test, post test dan
ulangan harian. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif yang meliputi :
1) Deskripsi Data, 2) Pembahasan, dan 3) Penyimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
siswa, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa rata-rata hanya 59,93,
setelah akhir siklus I rata-rata 66,73, siklus II rata-rata 68,84, dan tes
akhir rata-rata 73,71. Kenaikan tersebut merupakan suatu indikasi bahwa
pembelajaran kooperatif metode make a
match dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Ditinjau dari
pencapaian persentase ketuntasan belajar diperoleh data bahwa pada tes awal
sebelum dilakukan tindakan adalah 34,21%, pada siklus I adalah 57,89%, pada
siklus II adalah 81,58%, dan tes akhir adalah 92,11%.
Selain itu, dengan penerapan pembelajaran kooperatif metode make a match proses pembelajaran menjadi
lebih menarik dan menyenangkan serta dapat memupuk kerja sama siswa,
membangkitkan keingintahuan siswa sehingga siswa lebih antusias mengikuti
proses pembelajaran.
Siswa
berusaha mencari pasangan kartu soal dan jawaban
saat
belajar fisika dengan metode make a match
Siswa
terlihat begitu antusias belajar dalam kelompoknya
saat
mengikuti pembelajaran fisika dengan metode make
a match
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar